FILSAFAT ABAD PERTENGAHAN | ZAMAN KEEMASAN KRISTIANI


 

ANCILLA THEOLOGIA (FILSAFAT PENDUKUNG TEOLOGI)

  • Ajaran agama harus dijadikan tolok ukur kebenaran.
  • Kegiatan penalaran dan filsafat tidak boleh menghasilkan kesimpulan yang menggoyahkan keimanan, apalagi bertentangan dengan tafsir resmi yang diajarkan Gereja.

ZAMAN PATRISTIK ABAD I-VIII

  • Patristik berasal dari kata Latin "patres“ yaitu bapa-bapa Gereja.
  • Ajaran filsafi-teologi dari bapa-bapa Gereja menunjukkan pengaruh Plotinus.
  • Para pemikir Kristen berbeda pendapat dalam menerima Filsafat Yunani.
    • Mereka yang menolak filsafat karena telah ada wahyu yang lebih memadai sebagai pedoman hidup manusia.
    • Mereka yang menerima filsafat karena filsafat Yunani merupakan masa sebelumnya turunnya Injil.

AURELIUS AUGUSTINUS (354-430)

POKOK-POKOK PIKIRAN

  • Peletak dasar perpaduan antara filsafat.
  • Menggunakan filsafat dalam pelayanan teologi.
  • Karya-karyanya
    • Confessiones (Pengakuan-pengakuan).
    • De Trinitate (Trinitas).
    • De Civitate (Tentang Negara Tuhan).

EPISTEMOLOGI-ILUMINISME

  • Manusia tidak sanggup mencapai kebenaran tanpa cahaya (lumen) khusus dari Tuhan.
  • Dalam diri manusia terdapat satu buah kebenaran yang tidak dapat padam atau mati.
  • Dalam diri manusia juga terdapat “dasar pengetahuan".

SKEPTISISME

  • Agustinus menentang skeptisisme.
  • Sikap skeptis disebabkan oleh pertentangan batin.
  • Manusia dapat meragukan segala hal, tetapi yang tidak bisa diragukan, yaitu keragu-raguan itu sendiri.
  • Barang siapa ragu-ragu sedang berpikir sehingga barang siapa berpikir maka ia ada.

FILSAFAT MANUSIA

  • Manusia – “vestiqia Dei” (jejak-jejak Tuhan).
  • Manusia – “imago Dei” (citra Tuhan).
  • Manusia memantulkan siapa Tuhan dengan jelas dibandingkan dengan ciptaan lainnya.

ETIKA

  • “Cinta” yang dipenuhi sebagai hasil dari pilihan bebas dapat menjadi subjek untuk dipuji atau dipersalahkan.
  • Kehidupan yang bajik adalak kehidupan yang mampu mengevaluasi dan memerintahkan “cinta” agar sesuai dengan nilai-nilai yang benar.
  • Kehidupan lebih baik, mulia dalam kesempurnaan kontemplasi.

ZAMAN SKOLASTIK

  • Sekolah menjadi tempat diajarkannya ilmu pengetahuan.
  • Rencana pelajaran terdiri 7 kesenian bebas (“artes liberales”), yang meliputi 2 bagian.
    • 3 mata pelajaran bahasa (trivium), meliputi: tata bahasa, retorika, dialiektika.
    • 4 mata pelajaran matematika (quadravium), meliputi: ilmu hitung, ilmu ukur, ilmu perbintangan, dan musik. 

THOMAS AQUINAS (1225-1274)

FILSAFAT DAN TEOLOGI

  • Filsafat berdasarkan akal, sedangkan teologi berdasarkan wahyu.
  • Filsafat dan Teologi berhubungan, namun tetap berdiri sendiri dalam bidang masing-masing.
  • Iman adalah pengetahuan yang non-akal.
  • Ada dua pengetahuan
    • Pengetahuan alamiah – akal – filsafat.
    • Pengetahuan iman – wahyu – teologi.

TUHAN DAN MAKHLUK

  • Tuhan adalah aktus purus (aktus murni).
  • Dasar penciptaan adalah creatio ex nihilio.
  • Makhluk berpartisipasi dalam wujud tuhan, mendapat bagian dari wujud Tuhan.
  • Materi – bentuk
    • Materi – potensi- bakat.
    • Bentuk – aktus – realisasi.

ARGUMEN PEMBUKTIAN ADANYA TUHAN

  • Sebab akibat, Tuhan merupakan sebab pertama.
  • Perubahan dan gerak, setiap hal pasti ada yang menggerakkan, Tuhan sebagai penggerak pertama.
  • Posibilitas merupakan kemungkinan di dunia, Tuhan yang memastikan.
  • Tuhan tingkatan tertinggi dalam tingkatan realitas karena sempurna (perfect being).
  • Teleologis, tujuan dunia namun Tuhan merupakan tujuan akhir dunia.

3 PENDEKATAN MENGENAL TUHAN

  • Via positiva – yang baik pada makhluk pasti ada pada Tuhan.
  • Via negativa – tidak hal ada hal yang terdapat pada makhluk yang menyamai Tuhan.
  • Via imanentiae – yang baik pada makhluk pasti ada pada Tuhan dengan kebaikan melebihi makhluk. 


Jika teman-teman ingin penjelasan berupa video, bisa cek youtubeku.
Silahkan klik link ini untuk bisa menyaksikannya.




Materi ini saya dapat dari kelas filsafat yang telah di terangkan oleh dosen saya 💖

Komentar